14 Dec 2021 / Tips & Trick

Perawatan Sepeda Penggunaan Harian

Perawatan sepeda penggunaan harian berbeda dengan sepeda untuk hobi yang digunakan sekali-kali. Perlu trik khusus mengatasi kesibukan dan sempitnya waktu untuk menjaga sepeda tetap terawat dan dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Perawatan Sepeda

Berbeda dengan sepeda untuk kegiatan hobi atau rekreasi hanya digunakan sesekali. Untuk merawatnya dapat dilakukan dalam waktu luang di antara dua penggunaannya, umumnya saat akhir minggu. Tidak demikian dengan sepeda yang digunakan harian.

Jika Anda menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari seperti bertransportasi harian ke tempat kerja, atau keperluan lainnya, ada kalanya Anda pulang dalam kondisi hujan. Jam pulang kerja juga memaksa Anda untuk tiba di kediaman pada malam hari, sementara Anda harus berangkat esok paginya. Ini membuat waktu untuk perawatan sepeda penggunaan harian menjadi minim. Sobat SS pun punya kesibukan lain yang harus dilakukan.

Penggunaan Harian

Untuk merawat sepeda penggunaan harian, beberapa tips yang biasa dilakukan pesepeda dari disiplin turing atau ultra endurance dapat digunakan. Dalam kegiatan mereka, sempitnya waktu perawatan dan kebutuhan performa sepeda menjadi tantangan tersendiri. Hal ini dapat ditiru untuk perawatan sepeda penggunaan harian.

Gunakan Parts & Aksesoris Berkualitas

Peralatan yang digunakan sehari-hari membutuhkan parts dan aksesoris yang handal dan berkualitas. Jika kerusakan terjadi di sepeda hobi, kita dapat dengan mudah menghentikan sementara kegiatan. Lain halnya jika itu terjadi di sepeda untuk transportasi sehari-hari. Pada dasarnya, sepeda kelas menengah cukup handal dipakai sehari-hari. Untuk sepeda kelas di bawahnya, beberapa peningkatan (upgrade) dapat dilakukan untuk kehandalan sepeda penggunaan sehari-hari. Selain komponen besar yang terasa saat sepeda digunakan di lintasan pendek, beberapa komponen perlu perhatian lebih.

Kabel

Kabel dan rumah kabel shifter menjadi salah satu komponen yang dianggap remeh. Upgrade kabel dan rumah kabel shifter dengan parts yang lebih berkualitas menjamin kelancaran pengoperan gigi transmisi sepeda. Salah satu contohnya adalah rumah kabel Shimano SP-41 atau merk lain yang setara. Selanjutnya, komponen tersebut dapat dicek setahun sekali untuk dicek jika ada kerusakan.

Rantai

Komponen berikutnya yang harus diperhatikan adalah rantai sepeda. Selain untuk menggerakkan sepeda, umumnya komponen ini juga harus bisa berpindah antara rasio gigi dengan mekanisme gelincir (derail). Sangat penting sekali menjaga kebersihan dan pelumasan rantai sepeda. Untuk membersihkan rantai bisa menggunakan alat yang tersedia di pasaran untuk kemudian dilakukan pelumasan ulang.

Tips lainnya yang mudah dilakukan seiring dengan semakin banyaknya rantai dilengkapi dengan quick link adalah dengan menyiapkan rantai cadangan. Saat akhir minggu kita dapat mempersiapkan satu atau dua buah rantai dalam kondisi bersih dan terlumasi. Rantai cadangan tersebut dapat dipasang menggantikan rantai yang kering dari pelumasan setelah digunakan saat cuaca hujan. Rantai adalah komponen yang mempunyai masa pakai, umumnya sekitar 2000 hingga 5000 kilometer.

Rem

Parts berikutnya yang menjadi perhatian adalah sistem rem. Saat cuaca hujan, laju keausan kampas rem menjadi semakin cepat. Pastikan kampas rem tidak habis secara berlebihan hingga bidang gesek (rim atau rotor) bergesekan dengan logam alas kampas rem. Untuk sistem rem mekanik single piston perhatikan pula jarak antara kampas statis dan rotor sehingga kemampuan rem dan habisnya kampas rem lebih optimal.

Ban

Komponen terakhir yang harus diperhatikan adalah ban. Salah satu tanda ban harus diganti adalah saat tekanan angin ban berkurang signifikan seiring waktu. Pertimbangkan penggantian ban jika tekanan ban yang Sobat SS isi tidak dapat bertahan selama satu minggu penggunaan.

Perawatan Mingguan

Saat akhir pekan, waktunya perawatan sepeda yang digunakan setiap hari tersebut. Mulai dari pencucian, pengecekan masing-masing bantalan (bearing), serta pengecekan komponen lain, baik komponen bergerak atau konstruksi.

Penggunaan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari membutuhkan perawatan yang cukup berbeda dari penggunaan sepeda rekreasi. Tips yang dipaparkan di sini dapat digunakan untuk Sobat SS mengoptimalkan sepeda sebagai alat transportasi harian ya.