10 Dec 2022 / Tips & Trick

Pilih Sepeda Sesuai Kebutuhan

Banyaknya jenis sepeda, membuat bingung para pemula yang ingin terjun ke dunia persepedaan. Tidak hanya bentuk sepeda yang berbeda-beda, ukuran hingga harga yang bervariasi juga sebagai salah satu alasan. Namun, kamu tidak perlu bingung lagi nih! Kali ini kita akan bahas, cara memilih sepeda yang tepat. Apa saja yang harus diperhatikan saat kita hendak menentukan jenis sepeda? berikut kami jabarkan.

Cara Memilih Sepeda: 1. Menentukkan Medan yang Sering Dilalui

Sebelum kita menentukan jenisnya, sebaiknya, kita harus mengetahui dulu medan yang akan sering kita lalui. Jika tujuan bersepeda adalah untuk Bike To Work, maka sebaiknya kamu riset terlebih dahulu kondisi jalan yang akan sering kamu lewati.

Biasanya medan berkendara dibagi menjadi 3 kategori besar, yaitu:

Jenis MedanKeteranganSepeda yang Cocok
Street atau Jalan RayaRute perkotaan yang didominasi aspal halus, bisa seperti jalan raya atau jalan komplekRoad Bike, City bike, Folding Bike
Combination RoadJalur kombinasi antara jalan raya halus dan jalan rusak berkerikil.Touring Bike, Sepeda Hybird, Gravel Bike, Mountain Bike XC
Trail atau Jalan TanahJalur yang didominasi tanah dan batu atau yang sering dikenal dengan istilah offroad.Mountain Bike

Jika kamu sudah menentukan misalnya untuk menyalurkan hobi seperti blusukan dengan sepeda atau bersepeda di rute jalan beraspal maka kamu sudah mengantongi 1 hal ini.

2. Menentukan Ukuran Sepeda

Jika sepeda yang kamu pilih adalah Sepeda Lipat, maka itu bukan suatu hal yang sulit dalam menentukan ukuran sepeda. Sepeda Lipat bisa digunakan dari usia anak-anak hingga orang dewasa, kamu hanya perlu adjust bagian handlepost dan saddlenya saja. Namun jika pilihan kamu jatuh pada sepeda bongsor contohnya seperti MTB atau Roadbike, maka kamu harus menentukan ukuran sepeda yang cocok ya.

Tonton: Cara Memilih Ukuran Sepeda yang Tepat

Ukuran sepeda yang terlalu besar atau terlalu kecil, akan berakibat fatal pada kenyamanan kamu saat bersepeda hingga menimbulkan cidera loh! Pada setiap pabrik sepeda, umumnya sudah memiliki size chart untuk setiap sepeda.

Tips Mencegah Pegal Setelah Bersepeda

3. Menentukan Budget

Setelah sudah mengantongi 2 point di atas, saatnya kamu memilih sepeda sesuai budget nih. Pastikan sepeda yang kamu pilih memiliki spesifikasi yang sesuai dengan budget yang kamu miliki ya SobatSS! Jika kamu bingung dengan perbandingan antara spesifikasi dengan budgetnya, tentu SerbaSepeda akan siap membantu kamu memilih sepeda yang cocok untuk kamu.