08 Feb 2021 / Product Knowledge

Polygon Zeta 2 Akan Jadi Sepeda Paling Dicari Di 2021?

Polygon Zeta 2 merupakan sepeda urban besutan Polygon yang memiliki body kecil dan ramping, tapi jangan salah! kecil kecil gini, memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan sepeda bongsor yang lainnya loh!

polygon zeta 2

Si kecil cabe rawit! Kayaknya sebutan ini cocok untuk sepeda Urban yang satu ini ya!

Karena bentuk n ya yang minimalis, juga penampakannya yang super modis, gak heran kalau sepeda ini bakal jadi sepeda inceran selama tahun 2021!

Polygon Zeta 2 masih satu keluarga dengan Gili Velo namun hadir dengan versi tanpa elektrik nya yang pasti akan lebih ringkas.

Oh iya ngomong ngomong soal e-bike, sebagai tambahan informasi, Polygon sempat mengeluarkan seri pertama sepeda listrik dengan bentuk frame yang mirip Polygon Zeta 2 yaitu Polygon Sage.

Tanpa banyak basa basi, pastinya udah pada penasaran kan, se cabe rawit apa sih spesifikasinya ? kalau gitu ikutin terus yuk!

FRAME

polygon zeta 2

Kalau dilihat sekilas, sepeda ini eye catching banget ya! ga cuma dari bentuknya yang unik, tapi desain frame nya juga mengundang mata untuk melihat sepeda ini terus-terusan!

Hadir dengan 2 pilihan warna, yaitu warna hitam-coklat seperti ini, dan hitam-ungu seperti ini.

dengan paduan warna dasar dan tambahan striping yang sangat pas, menjadikan sepeda ini memang sangat cocok untuk SobatSS yang stylish!

Nah kalau dilihat dari segi geometri, hal signifikan yang terlihat ada dibagian Headtube lengthnya ya, terlihat lebih panjang dari sepeda Roadbike ataupun MTB.

Headtube length yang panjang, bertujuan supaya posisi berkendara bisa lebih tegak dan nyaman saat bersepeda jarak jauh. maka tidak heran, saat ini Polygon Zeta dijadikan oleh para goweser sebagai sarana transportasi ramah lingkungan.

Dari segi bahan, Polygon Zeta 2 hadir dengan frame berbahan Alloy, ini terlihat pada sambungan las yang khas alloy banget ya!

Tidak lupa, frame ini juga sudah mengadopsi teknologi Internal Cable Routing, sehingga tampilan secara keseluruhan terlihat rapi tanpa juntaian kabel diluar frame.

FORK

polygon zeta 2

Kita beralih ke bagian fork, Polygon Zeta 2 dibekali fork rigid tanpa suspensi, dengan bahan yang sama seperti frame nya, yaitu Alloy.

KOKPIT

polygon zeta 2

Ini nih salah satu alasan yang menjadikan Polygon Zeta 2 dijuluki dengan sebutan si kecil cabe rawit!

Dari segi handling, sepeda ini bisa dibilang lincah! karena memiliki derajat HTA yang besar yaitu 70°.

Sebelumnya kami pernah membahas soal perbedaan HTA besar dan HTA kecil nih SobatSS! berikut kami berikan cuplikan singkatnya ya. Lengkapnya bisa cek video di bawah ini.

Polygon Zeta 2 dibekali handlebar model flatbar berbahan alloy, berpanjang 650mm dengan stem alloy yang cukup pendek berukuran 45mm.

Untuk handlebar dan stemnya, keduanya dari merk Entity.

SEATPOST & SADDLE

Pada bagian seatpost dan saddle, menggunakan seatpost merk Entity berbahan alloy, dengan panjang 400mm dan diameter seatpost 30.9mm

Tidak lupa, juga disematkan saddle empuk juga dari Entity dengan lebar 160mm.

GROUPSET

Nah akhirnya kita masuk ke bagian grupset nih SobatSS!

Polygon Zeta 2 dibekali konfigurasi 1 x 10 speed dari Shimano Tiagra, ini bisa kita lihat dari shifter, dan RD yang terpasang pada sepeda ini.

Dan jika kita lihat bagian cranknya secara keseluruhan, Polygon Zeta 2 sudah dibekali dengan chain protector atau pelindung rantai, ini berfungsi bagi perempuan yang memakai rok panjang atau baju syari, bisa menggunakan sepeda ini tanpa was-was baju akan tersangkut di rantai sepeda!

Kembali lagi ke crank, Zeta 2 dibekali crank hollowtech dengan Bottom Bracket yang sudah bearing, crank nya berbahan alloy dengan panjang arm 170mm dengan jumlah mata gigi 48T.

Crank hollowtech selain ringan,  juga memberikan efisiensi lebih dalam pedaling agar tidak boros tenaga loh!

Beralih kebagian belakang, terdapat RD dari Shimano Tiagra..

RD ini menggerakan rantai menelusuri sprocket dari Shimano HG-50 dengan jumlah mata gigi 11 -34T.

pembagian rasio gir pada chainring 48T terhadap sprocket 11T menghasilkan pergerakan yang cukup powerfull untuk diajak ngebut nih SobatSS! (tampilkan pembagian 48T/11 = 4.36)  

PENGEREMAN

Karena sepeda ini bisa ngebut di jalan raya, pastinya Zeta 2 juga dibekali dengan pengereman yang cukup baik! yaitu menggunakan pengereman hidrolik dari Tektro dengan diameter rotor 160mm depan dan belakang.

WHEELSET

Pada bagian wheelsetnya, menggunakan hub berbahan alloy, dengan jumlah jari-jari sebanyak 36H yang dirangkai pada rims double wall tidak bermerk.

Untuk ban luar yang digunakan yaitu dari Veetire.co Speedster, dengan ukuran 20 x 2.20, dengan knob ban yang kecil dan halus menjadikan sepeda ini nyaman saat melewati jalanan kombinasi seperti halus dan kasar.

Dan pada bagian ban dalamnya dilengkapi dengan pentil schrader, sehingga SobatSS tidak memerlukan adaptor untuk memompa.

BOBOT

Berat sepeda Polygon Zeta 2 : 12,39 Kg

Dan bobot yang kami timbang ini sudah termasuk pedalnya ya SobatSS.

EXTRA

sepeda ini sudah dilengkapi extra beberapa part seperti :

1. Terdapat kick stand alloy untuk mempermudah kamu saat mau parkir sepeda ya ( diperagakan pas abis gowes dan turun dari sepeda lalu standar)

2. Tersedia chain protector yang sudah kami bahas sebelumnya ( scene chain protector secara keseluruhan dan kasih clip lebih kecil yang pembahasan chain protector di bagian grupset ) ( kasih jeda di clip chain protector )

3. Yang terakhir ada bel pada bagian handlebar nih. ini akan sangat penting saat kamu gowes di jalan raya!

KESIMPULAN & HARGA

Harga sepeda Polygon Zeta 2: Rp 7.000.000

Harga cicilan sepeda Polygon Zeta 2 mulai dari: Rp 723.334

Berikut ini link pembelian Polygon Zeta 2 di SerbaSepeda.com

Jadi kesimpulannya..

Sepeda ini cocok bagi pesepeda yang mau mencoba berpaling dari Sepeda Lipat, namun tidak ingin ganti ke sepeda yang lebih bongsor seperti roadbike atau MTB.

Karena bentuknya yang kecil, minimalis namun tetap stylish, menjadikan sepeda ini bisa dijadikan kandidat untuk calon teman gowes mu tahun ini ya!

Menurut kami, harga ini masih tergolong wajar untuk sepeda yang sudah dibekali dengan spesifikasi seperti Grupset dari Shimano Tiagra hingga menggunakan pengereman hidrolik dari Tektro, ditambah sepeda ini masih cukup jarang diluaran, sehingga bisa jadi pusat perhatian saat gowes dijalan nih!

Kalau menurut kalian bagaimana ? kasih komennya di bawah ya !

Berikut ini video review Polygon Zeta 2 dari channel Youtube Serbasepeda