11 Jan 2021 / Product Knowledge

Sepeda Gunung Clovis 8.10, Usung Spek Mumpuni Dengan Harga Terbaik

Sepeda gunung Clovis bisa dibilang merupakan salah satu sepeda gunung terlaris pada 2020 kemarin. Nah pada kesempatan kali ini, kami mau membahas Kasta tertinggi dari Clovis saat ini yaitu Clovis 8.10 ! 

Kalau tahun kemarin yang tertinggi adalah Clovis 8, sekarang Clovis 8.10 lah yang menggeser tahta Clovis 8. Seperti apa ya spesifikasinya ? dan apa yang membuat Clovis 8.10 ini berbeda dari yang lain ?

Sekedar informasi semua seri Clovis saat ini terdapat 2 pilihan size roda yaitu 27.5 dan 29” dan yang akan kami bahas saat ini adalah Clovis 8.10 berukuran 27.5.

FRAME

sepeda gunung clovis 8

Secara desain sepertinya semua seri Clovis memiliki desain minimalis ya, dan untuk Clovis 8.10 ini memiliki perpaduan yang sangat pas, sehingga menjadikan tampilan secara keseluruhan terlihat elegant.

Dari segi bahan frame, tidak perlu diragukan lagi, karena seperti yang kita tahu semua seri Clovis termasuk Clovis 8.10 ini sudah menggunakan sistem dan teknologi masa kini seperti double butted, hydroformed alloy, Smooth Welding Design, Internal Cable Routing, bahkan sistem Boost Thru Axle.

Dan tidak lupa juga pada bagian headtube, sepeda gunung Clovis 8.10 juga sudah tapered alias membesar kebawah, untuk memberikan kekuatan dan kekokohan serta kestablian lebih..

FORK

Pada bagian Fork, Clovis 8.10 menggunakan fork dari pabrikan RockShox tipe Recon, dengan ketinggian travel 120mm yang sudah angin dan tidak lupa  pada bagian fork juga  sudah disematkan fitur seperti compression damper dan rebound damper sekaligus, kedua fitur yang digunakan ini sama persis seperti Clovis 7 nih SobatSS.

STEERING

Kita ke bagian steering, sepeda ini menggunakan handlebar oversized model flatbar dari Nautilus, berpanjang 720mm, dan stem juga dari Nautilus berpanjang 65mm.

Pada bagian handgrip sudah dilengkapi dengan fitur lockout, sehingga genggaman tidak slip, berputar, ataupun bergeser.

GROUPSET

sepeda gunung clovis 810


nah akhirnya kita sudah sampai ke point grupset nih! Pasti SobatSS sudah penasaran banget kan!

Secara keseluruhan, sistem transmisi dari Clovis 8.10 menggunakan konfigurasi 1 x 12 speed alias sistem transmisi single chainring!

Kita mulai bahas dari shifter ya.. karena single chainring, maka kita hanya menemukan sebuah shifter di sebelah kanan ini.

Clovis 8.10 menggunakan shifter dari Shimano Deore XT seri M8100 12 speed, turun ke bagian crank, disematkan crank dari United Components dengan panjang arm 170mm, dan jumlah mata gigi sebanyak 34T.

Pindah ke bagian rantai, menggunakan rantai dari KMC X12 12 speed.

Untuk RD, menggunakan RD dari Doere XT M8100 12 speed dengan teknologi Shadow+.

Dan komponen yang terakhir pada grupset ada sprocket nih! terdapat 12 tumpuk sprocket cassette dengan jumlah mata gigi 11-50T.

Mata gigi pada sprocket 11-50T terhadap chainring 34T, akan menghasilkan rasio gir yang oke banget untuk diajak nanjak, dan powerfull untuk diajak ngebut.

PENGEREMAN

Dari segi pengereman, sepeda ini menggunakan pengereman hidrolik bermerk Shimano dengan rotor model centerlock berdiameter 160mm..

SEATPOST & SADDLE

Pada bagian seatpost, menggunakan seatpost alloy bermerk Nautilus dengan diameter 30.9 dan panjang 350mm.

Untuk saddle yang disematkan juga dari Nautilus dengan lebar 140mm.

WHEELSET

dari segi wheelset, menggunakan rims alloy double wall dari Nautilus dengan jumlah jari-jari sebanyak 32Hole.
Pada bagian hub freehub, menggunakan hub freehub Boost TA yang sudah bearing.. Boost TA / Thru Axle artinya selain lebih panjang hub freehub nya, komponen as roda juga lebih tebal dari sistem skewer atau Quick Release.. sehingga lebih kuat dan tahan banting.

Untuk ban, Clovis 8.10 dibekali ban dari Maxxis Ardent dengan ukuran 27.5 x 2.25

Hadir dengan kembang yang kasar, sehingga membuat tampilan secara kesuluruhan terlihat gagah dan berani ya!

BOBOT

Berikut ini bobot untuk Clovis 8.10 yang kami timbang dengan ukuran frame M dan ban berukuran 27.5mm ya.

Berat Clovis 8.10 : 13.14 Kg

Bobot ini termasuk ringan untuk ukuran sepeda MTB XC berbahan Alloy nih SobatSS.

HARGA DAN KESIMPULAN

Harga Clovis 8.10 : Rp 13.750.000

Berikut ini link pembelian sepeda gunung Clovis 8.10

Menurut kami, harganya sangat wajar untuk spesifikasi yang sudah disematkan ya SobatSS.

Teknologi yang super lengkap pada frame, fork serta grupset, menjadikan sepeda ini sangat layak untuk di pertimbangkan bagi SobatSS yang sudah mau ganti ke sepeda dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Kalau menurut kalian bagaimana nih?

Tinggalkan komen di bawah.

Untuk ketersediaan stok bisa hubungi CS kami di nomor 082111536599 atau bisa mendatangi toko sepeda SerbaSepeda di Jabodetabek.

Lengkapnya kalian bisa menonton video review Clovis 8.10 dibawah ini