30 Dec 2020 / Product Knowledge

Sepeda Lipat 3Sixty M3S, Saingan Brompton Dengan Harga Ekonomis

Sepeda lipat 3Sixty M3S memiliki bodi yang terlihat seperti Brompton dan Element Pikes namun sepeda lipat 3 lipatan ini ternyata memiliki fitur jagoan, apa saja fitur unggulan dari sepeda lipat 3Sixty M3S? akan kami bahas satu persatu di artikel ini.

Sekedar info, 3Sixty sendiri merupakan brand yang bermarkas di Korea Selatan awalnya sekitar tahun 2012. 3Sixty adalah pabrikan spesialis pembuat spareparts dan sepeda khusus untuk brand lain atau biasa disebut OEM/ODM dan pada tahun 2017 3Sixty mulai memproduksi dan menjual sepeda merek mereka sendiri. 3Sixty memulai debutnya di Shanghai World Bikes Show. Antusiasme masyarakat lokal China inilah yang membuat 3Sixty laris dan sangat populer disana.

sepeda lipat 3sixty

Frame

Sama seperti sepeda 3 lipatan masa kini yang sudah lama viral 3Sixty menggunakan bahan chromoly seperti Brompton dan Pikes namun ada yang lebih spesialnya lagi nih, 3Sixty klaim menggunakan Full Chromoly seri 4130 otomatis kualitas dari frame 3Sixty bisa dikatakan lebih berkualitas dan kalau dilihat ukuran tubing frame ini juga terlihat lebih ramping jadi lebih ringkas saat terlipat.

Untuk metode fold dan unfold pada frame dan handlepost cukup mudah karena setelah kami coba beberapa kali pun cukup lancar.

Fork

sepeda lipat 3sixty

Pada bagian fork, sepeda ini menggunakan fork rigid tanpa suspensi dengan material yang sama dengan framenya yaitu chromoly

Kokpit

Kita ke bagian kokpit, sepeda ini memiliki handlebar berbahan alloy dan handlepost berbahan chromoly. Kalau dilihat 3Sixty memiliki handlepost dan handlebar yang mirip seperti handlepost brompton seri S. Dengan ciri khas handle bar yang flat dan handle post yang sedikit melengkung. Untuk bagian grip-nya sudah menggunakan lock sehingga genggaman tidak akan berputar ataupun slip.

Pengereman

Sistem pengereman yang digunakan 3Sixty menggunakan U-Brake dual pivot alloy dengan model handle rem yang mirip Brompton.

Shifting + Drivetrain

Sistem transmisi yang digunakan oleh sepeda ini yakni sama seperti Brompton dan Pikes menggunakan internal Gear Hub dari Sturmey Archer S30 dan bertransmisi 1×3 speed.

Pada bagian crank menggunakan crank bawaan dari 3Sixty berbahan alloy yang dilengkapi BB Square Tapper Bearing dengan panjang crank arm 170mm dan jumlah mata gigi 48T.

Seatpost

Untuk seatpost yang digunakan berbahan alloy dengan seatclamp quick release untuk panjang seatpost 520mm dan diameter seatpost 31.8mm yang sudah dilengkapi saddle dari Velo dengan lebar 160mm. Cukup nyaman untuk gowes yang lumayan lama.

Wheelset

Pada wheelset, 3Sixty dilengkapi dengan roda berdiameter 16 x 1 3/8. Untuk bagian hub-nya sepeda ini memiliki ukuran hub yang sama seperti Brompton yaitu untuk hub depan 74mm dan hub belakang 112mm. Pada kembang alias knob pada ban tampak rendah dan lebar sehingga nyaman dan lincah di medan On Road selain itu sepeda ini juga menggunakan ban dalam dengan pentil Schrader sehingga tidak memerlukan adaptor untuk memompa. Pada bagian easy wheel atau roda lipatan memiliki lampu yang bisa menyala saat berputar.

Bobot

Berat sepeda lipat 3Sixty M3S : 12.87 Kg

Cukup ringan untuk sepeda lipat 3 lipatan dengan bahan frame chromoly. ini merupakan salah satu bukti bahwa sepeda lipat ini menggunakan frame chromoly berkualitas.

Harga

Harga sepeda lipat 3Sixty M3S (Per 30 Desember 2020) :

3SIXTY M3S ORANGE GREEN (16″) : Rp 10.750.000

3SIXTY M3S WHITE RED (16″) : Rp 11.000.000

3SIXTY NANO HIJAU (16″) : Rp 12.000.000

Kesimpulan

Sepeda lipat 3Sixty M3S hadir untuk memenuhi keinginan para goweser yang menginginkan seli seperti Brompton namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau namun jika dibandingkan dengan seli 3 lipatan versi lokal dengan harga Rp 8jutaan bisa mendapatkan seli dengan spesifikasi yang lebih tinggi tapi kembali lagi ke keinginan dan kebutuhan SobatSS