16 Mar 2021 / Product Knowledge

Sepeda Lipat Dahon Ion Ohio Dan Hollywood, Modis Dan Efisien

Sepeda lipat Dahon Ion Eugen dan Chicago sekilas mirip dengan frame sepeda lipat seri Element Ecosmo namun kali ini Dahon muncul dengan sepeda lipat yang memiliki frame yang sangat unik dan anti mainstream pasti kalau pakai sepeda ini di jalan, bisa bikin orang lain gagal fokus sih, karena bentuknya yang unik dan pastinya jarang banget ada di pasaran!

Dikesempatan kali ini, kami mau membahas 2 produk keluaran terbaru dari Dahon.ion nih! Sepeda Lipat tentunya, namun dengan 2 jenis yang berbeda, yaitu Dahon.Ion Ohio dengan 2 lipatan, dan Dahon.Ion Hollywood dengan 3 lipatan.

sepeda lipat dahon ion ohio
Dahon Ion Ohio
sepeda lipat dahon ion hollywood
Dahon Ion Hollywood

Pasti sudah pada penasaran kan dengan kedua sepeda unik ini? Sudah siap menjadi goweser yang anti-mainstream ? kalau gitu ikutin terus videonya sampai selesai ya!

LIPATAN

Kenapa tadi kami sebut sepeda ini anti-mainstream ? Karena bentuk dan lipatan sepeda ini sangat berbeda dengan sepeda lainnya yang ada di Indonesia.

Kami jelaskan terlebih dahulu untuk Dahon.Ion Ohio dengan 2 lipatan ya..
Kalau sudah terbuka seperti ini, sekilas tidak ada perbedaan dengan sepeda lipat biasanya ya.. tapi coba kita lihat lebih detail lagi.

sepeda lipat dahon ion ohio lipatan

2 lipatan disini artinya memiliki 2x proses melipat, yaitu yang pertama pada bagian handlepost, dan bagian tengah framenya.. Nah kalau sudah dalam posisi terlipat seperti ini, sudah terlihat kan bedanya apa dengan seli 2 lipatan yang lain ?

Yak! Kalau biasanya lipatan berada sejajar horizontal seperti ini pada Dahon.Ion Ohio posisi lipatannya vertical atau menghadap lurus keatas.
Hmm kira kira apa tujuan dari Dahon.Ion membuat posisi lipatan menghadap keatas seperti ini ya?

Menurut kami, dengan posisi lipatan yang menghadap atas seperti ini, selain member kesan modis dan modern, juga bertujuan untuk memudahkan kita saat membawa sepeda ini dan dengan tambahan roda di bagian bagasi belakang, akan lebih mempermudah kamu saat memindahkan sepeda tanpa harus mengangkatnya.

Sekarang kita bahas Dahon.Ion Hollywood dengan jenis 3 lipatan.
Seli jenis 3 lipatan, berarti memiliki 3x proses melipat, yaitu yang pertama di bagian roda belakang, rangka dan terakhir bagian handlepostnya.

sepeda lipat dahon ion hollywood lipatan
Sepeda lipat Dahon Ion Hollywood

Berbeda dengan Dahon.Ion yang memiliki lipatan anti-mainstream. Dahon.Ion memiliki keunikan pada tampilan frame secara keseluruhan.. terlihat sangat modis dan modern dengan lekukan frame dibagian maintube ya! Sepertinya baru Dahon.Ion Hollywood yang hadir dengan frame unik seperti ini di Indonesia ya! Atau SobatSS ada yang tau, merk sepeda apa lagi yang rangka nya mirip mirip seperti ini? Kasih tau kami di bawah dong!

Ohiya bagi SobatSS yang masih bingung mau pilih seli jenis 2 lipatan atau 3 lipatan, kami sudah pernah membahas di video ini ya (kasih screenshot/thumbnail cara memilih seli serbasepeda, cri di yt) link nya akan kami sertakan di kolom deskripsi! Bisa dicek nanti yaa..

Oke kita sekarang masuk ke bagian frame nih SobatSS.

FRAME

sepeda lipat dahon ion ohio frame

Bahan frame dari Dahon.Ion Ohio dan Hollywood menggunakan frame berbahan Alloy yang ringan dan tahan karat! Hadir dengan desain frame yang tidak menggunakan banyak stripping menjadikan kedua sepeda ini terlihat simple namun sekali lagi, tetap modis ya! Mau Dahon.Ion Ohio atau Hollywood tetap keren dan mengundang mata untuk nengok nih!

FORK

sepeda lipat dahon ion hollywood fork

Kedua jenis sepeda ini menggunakan fork rigid tanpa suspensi, dengan material yang sama seperti frame nya yaitu alloy.

KOKPIT

Naik ke bagian kokpit menggunakan handlepost dengan kuncian yang sama namun berbeda jenis handlepost nih. Kalau Hollywood menggunakan handlepost teleskopik yg bisa di adjust ketinggiannya seperti ini (peragakan naik turuninnya) pada seri Ohio, menggunakan handlepost yg lebih simple tanpa perlu di adjust ketinggiannya..

SEATPOST & SADDLE

Pada bagian seatpost dan saddle, menggunakan seatpost berbahan alloy dengan panjang 480mm untuk Hollywood, dan 530mm untuk Ohio.. lalu untuk diameter seatpost kedua seri adalah 33.9mm.

GROUPSET

Akhirnya kita sudah sampai di groupset. Kita bahas grupset Ohio secara keseluruhan dulu ya Dahon.Ion Ohio dibekali dengan groupset dari Shimano Sora (shot RD), dengan konfigurasi 1 x 9 speed. Ini terlihat dari pemakaian single chainring pada crank bermerk Prowheel OZ Ounce, dengan panjang arm 170mm dan jumlah mata gigi sebanyak 53T… dan tidak lupa menggunakan 9 tumpuk sprocket cassette berjumlah mata gigi 11- 28T bermerk Sunshine.

Untuk Dahon.Ion Hollywood dibekali dengan internal gear yang persis digunakan oleh merk sepeda terkemuka di dunia, yaitu Sturmey Archer Dengan 1 x 4 pilihan kecepatan, dan bermata gigi 16T dengan model revoshifter, memudahkan kamu saat hendak menambah atau mengurangi kecepatan nih SobatSS.

PENGEREMAN

Untuk pengereman, Kita bahas dulu dari Dahon.Ion Ohio ya..
Ohio dibekali dengan pengeraman V-brake yang cukup pakem ya SobatSS

Lalu untuk Dahon Ion Hollywood, dibekali dengan pengereman U-brake bermerk tektro.

Pengereman baik V-brake atau U-brake memiliki kelebihannya masing masing ya.. Kalau pengereman dengan sistem U-brake lebih efisien.. pengereman jenis V-brake memiliki kelebihan lebih mudah dalam perawatannya.

WHEELSET

Sekarang ke bagian wheelsetnya nih, berbeda jenis lipatan biasanya berbeda pula ukuran ban yang disematkan.

Untuk Dahon.Ion Ohio 2 lipatan, menggunakan ukuran ban 20 x 1.50, sedangkan untuk Dahon Ion Hollywood dengan 3 lipatan, menggunakan ukuran ban 16 x 1 3/8.

EKSTRA

Kedua jenis sepeda lipat ini sudah dibekali dengan banyak bonus ekstra loh! untuk Dahon.Ion Ohio dibekali tambahan seperti :

  • Standar samping
  • Spakbor depan dan belakang
  • Bagasi belakang yang mampu menahan beban seberat kurang lebih 10kg
  • Roda bagasi belakang yang akan mempermudah kamu waktu mendorong sepeda nya (peragakan di lipat lalu di dorong)
  • Dan tidak lupa, ada tambahan magnet lipatan yang kuat supaya sepeda lipat mu tidak terlepas saat kondisi terlipat
    Lalu ekstra untuk Dahon.Ion Hollywood adalah sebagai berikut :
  • Spakbor depan dan belakang
  • Bagasi belakang yang mampu menahan beban seberat kurang lebih 10kg
  • Dan roda bagasi belakang yang akan mempermudah kamu waktu mendorong sepeda nya

BOBOT

Berat sepeda lipat Dahon Ion Ohio: 12,15 Kg

Berat sepeda lipat Dahon Ion Hollywood: 13,04 Kg

Ohiya bobotnya sudah termasuk dengan pedal dan semua ekstra yang menempel pada sepeda tersebut ya SobatSS.

KESIMPULAN & HARGA

Kesimpulannya, Sepeda Lipat keren ini, cocok untuk kamu yang selalu update dan gak mau ketinggalan trend bersepeda nih!

Dengan SeLi yang anti-mainstream seperti ini, pastinya membuat kamu semakin modis!

Nah pasti SobatSS sudah penasaran kan, berapa sih harga dari Sepeda Lipat ini ?

Dengan spesifikasi mumpuni didukung grupset dari Shimano Sora, dan jenis lipatan yang anti-mainstream, menurut kami harga yang ditawarkan cukup masuk akal ya.

Lalu untuk Dahon.Ion Hollywood yang dilengkapi dengan spesifikasi 1 x 4 speed Internal Gear dari Sturmey Archer, frame alloy, dan tidak lupa juga bentuk frame yang antimainstream sekali lagi, harga yang ditawarkan masih cukup masuk akal jika dibandingkan dengan spesifikasi yang dibekali ya.

Kalau menurut kalian gimana ? kasih komennya di bawah yuk!