17 Sep 2022 / Tips & Trick

sepeda listrik mati total?

Maraknya pecinta sepeda listrik saat ini, tidak sedikit dari mereka mengeluhkan sepeda listrik / moped mati total dan tidak bisa dioperasikan. Namun, jika itu terjadi pada kamu, berikut ini merupakan langkah yang harus dicek, yaitu :

1. Cek Kondisi Baterai

Kesehatan baterai adalah salah satu kunci keawetan sepeda listrik, pastikan kamu selalu cek kondisi baterainya ya! Salah satu penyebabnya adalah membiarkan baterai sepeda listrik / moped mati total dalam waktu yang lama. Hal ini mengakibatkan baterai rusak, dan perlu pergantian baterai.

Mau Beli Sepeda Listrik? Cek Sini Dulu!

Tips dari kami adalah, selalu charge baterai moped kamu hingga full setiap berkurang 20-40%, supaya menghindari baterai drop yang kemudian mengakibatkan terjadinya kerusakan total. Pastikan juga saat pengisian baterai, tidak ditinggal semalaman ya agar menghindari over charge yang mengakibatkan kerusakan baterai.

2. Kontroler

Kontroler merupakan komponen pembagi atau pusat pengaturan arus. Dimana arus listrik yang masuk dari baterai dibagi untuk pemakaian, meliputi: dinamo, lampu, handle gas, alarm, panel display, klakson dan lainnya. Pada kontroler terdapat banyak komponen yang memiliki perannya masing-masing.

Hal yang mengakibatkan kemungkinan kerusakan pada kontroler, adalah :

1. Bobot melebihi kapasitas moped

Misalnya bobot maksimal sepeda listrik adalah 100kg, namun dipaksa menopang bobot diatas 100kg (overload), maka hal yang terjadi adalah kontroler berkerja lebih keras. Jika hal tersebut berulang berkali-kali, maka mengakibatkan kerusakan pada kontroler.

2. Melewati tanjakan yang terlalu curam

umumnya, pada moped disarankan untuk tidak melewati tanjakan yang memiliki kemiringan >30derajat. Namun tips dari kami adalah, bisa menggunakan bantuan pedaling pada saat melewati tanjakan ya, supaya mesin kontroler tidak bekerja lebih keras.

jika sepeda listrik mu terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh kontroler kamu bisa membawanya ke serbasepeda untuk dilakukan pengecekkan! jika diharuskan untuk mengganti parts, tentunya serbasepeda akan siap membantu!

Kumpulan Sepeda Listrik