01 Mar 2021 / Product Knowledge

Sepeda Patrol Seri C Apa Saja Kelebihannya? Cek Review-nya Disini!

Sepeda Patrol bisa dibilang merupakan produk premium dari pabrikan sepeda United dimana United memposisikan sepeda Patrol sebagai brand image kelas premium untuk pasar ekspor.

Di Indonesia sendiri sepeda patrol terkenal dengan sepeda MTB Full Suspension yang cukup laris di pasaran.

Yang akan kita bahas kali ini yakni sepeda Patrol seri C-nya. Sebagai tambahan informasi, huruf C ini mewakili bahan dari frame sepeda ini yakni Carbon.

sepeda patrol terbaik

Kali ini kita akan membahas sepeda Patrol C093, C092, dan C091.

Ketiga sepeda ini memiliki spesifikasi kelas professional, dan ada rahasia yang SobatSS harus tahu loh!

pastinya sudah penasaran kan, se-profesional apa sih fitur-fiturnya?

Oke kita langsung aja yuk!

FRAME

Kita bahas dulu frame dari semua Patrol seri C nya nih..

Semua seri MTB Patrol hadir dengan frame berserat carbon yang  memiliki bobot sangat ringan dan pastinya tahan terhadap karat. Saking ringannya, MTB bongsor ini bisa diangkat hanya dengan 1 tangan saja loh!

sepeda patrol terbaik
tidak ada lubang internal cable di seri sepeda Patrol seri C

Sekarang kita lihat lebih dekat untuk fitur frame nya ya, ada yang unik di sini, terlihat bagian samping downtube ini tidak terlihat lubang internal cable routing! Wah kemana ya kabel2 itu ?

Ternyata kabel rem, shifter, dan dropper seatpost masuk lewat headset nih SobatSS, wah unik banget! dan sepertinya di Indonesia, baru patrol yang menggunakan teknologi internal cable routing seperti ini ya.. atau kalian ada yang tahu sepeda apa lagi yang memiliki teknologi internal cable routing yang masuk lewat headset ? kasih komennya di bawah dong!

Selain membuat tampilan frame terlihat lebih rapi, teknologi internal cable routing seperti ini menjadikan pengendara bisa bergerak lebih bebas dan aman tanpa ada hambatan dari kabel yang menempel atau melewati jalur dari headtube.

Kita turun ke bagian downtube

sepeda patrol terbaik

Sekilas tidak ada yang aneh pada bagian downtube ini ya SobatSS! tapi kalau kita lihat lebih detail lagi, terdapat sebuah plat yang dapat dibuka, ini nih salah satu rahasia yang kami maksud, sebuah tempat tersembunyi yang bisa digunakan untuk menyimpan cadangan anting RD!

Wah sepertinya Patrol memang memperhatikan sampai sekecil itu ya! bayangkan saja kalau cadangan anting RD itu kamu kantongin, kan ribet juga yaa. untung frame pada Patrol seri C ini sudah dilengkapi tempat rahasia.

di bagian belakang downtube juga terdapat sebuah lubang yang bisa di buka, lubang ini memudahkan kamu saat mau ganti atau servis kabel shifter, rem, atau kabel dropper seatpost.

Dan tidak ketinggalan, Frame Patrol seri C ini juga sudah disematkan teknologi Boost TA ya SobatSS!

Nah sudah mulai masuk ke spesifikasi yang lebih dalam nih! kami akan membahas Patrol seri C kelas menengah dulu ya, yaitu Patrol C092. Supaya pembahasannya bisa lebih fokus, yang lain akan kami bahas di bagian kesimpulan.

FORK

Oke kita lanjut ke fork..

Karena frame nya boost, maka fork nya juga boost!

sepeda patrol terbaik

Fork Patrol C092 yang digunakan yaitu dari X-fushion yang sudah angin, dengan ketinggian travel 130mm. fork ini juga sudah disematkan dengan sistem compression damper dan rebound damper ya.

KOKPIT

Kita ke bagian steering, Patrol C092 dibekali dengan handlebar model rise bar, berpanjang 750mm dan stem yang cukup pendek dengan ukuran 45mm.

SEATPOST & SADDLE

Pada bagian seatpost dan saddle, menggunakan seatpost dengan teknologi dropper seatpost dengan panjang dropper atau ketinggian travel 150mm (diukur seperti ngukur travel fork) dan memiliki diameter seatpost 31,6mm

Juga disematkan saddle berbahan kulit sintetis berwarna hitam, dengan lebar 140mm.

GROUPSET

Nah akhirnya kita sudah sampai di groupset nih!

Patrol C092 dibekali dengan konfigurasi 1 x 12 speed dari Shimano Deore M6100, ini bisa kita lihat dari shifter hingga RD yang digunakan ya.

Bukan hanya shifter, crank dan RD nya saja yang pakai Shimano Deore tapi ke-12 keping sprocketnya juga bermerk Shimano Deore M6100! Dengan jumlah mata gigi 10-51T.

Wah, crank nya sampai kelewat nih, untuk Cranknya sudah disematkan teknologi hollowtech II dengan jumlah mata gigi sebanyak 32T dan panjang arm 170mm.

Jumlah mata gigi pada crank 32T terhadap sprocket 10-51T, akan menghasilkan rasio yang nyaman diajak nanjak, dan powerfull saat diajak ngebut.

PENGEREMAN

Patrol C092 dibekali dengan pengereman yang baik yaitu hydraulic disc brake dari Shimano dengan diameter rotor 180mm depan dan belakang.

WHEELSET

Pada bagian wheelsetnya menggunakan hub dari Shimano, dengan jumlah jari-jari sebanyak 32H yang dirangkai pada rims alloy double wall bawaan dari Patrol.

Untuk ban luar yang digunakan yaitu dari Vee Tire Co. Mission berukuran 29 x 2.30mm, bannya lebar khas sepeda offroad banget ya!

Dan pada bagian ban dalamnya sudah dilengkapi dengan pentil presta.

BOBOT

Berat Sepeda Patrol C092 : 13,77 Kg

Berat sepeda Patrol C093 : 13,88 Kg

Berat sepeda Patrol C091 : 14,22 Kg

pasti udah penasaran dengan berat total dari sepeda carbon ini kan? seringan apa sih sampai bisa diangkat pakai 1 tangan saja SobatSS!

kita coba timbang sekarang ya.. dan bobot yang kami timbang ini juga sudah termasuk pedalnya.

KESIMPULAN & HARGA

Harga sepeda Patrol C092 : Rp 18.750.000

Kalau menurut kalian harga sepeda ini kemahalan, bahkan kurang mahal berikut kami berikan sedikit ulasan adek dan kakaknya ya !

Jika SobatSS punya budget terbatas namun ingin spesifikasi kelas atas maka bisa memilih “adik”-nya yakni sepeda Patrol C093 yang memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Dibekali fork air suspension dari X-fushion dengan ketinggian travel 130mm yang memiliki fitur sama seperti fork pada C092.
  • Pada bagian  kokpit, seatpost, saddle, hingga pengereman kurang lebih sama seperti C092.
  • Namun untuk bagian grupsetnya ada sedikit perbedaan, yaitu C093 menggunakan konfigurasi 1×11 speed dari Shimano Deore M5100.

Harga sepeda Patrol C093 : Rp. 16.710.000

Tapi buat kamu yang ingin memiliki MTB dengan spesifikasi terbaik maka bisa memilih sepeda Patrol C091. Berikut ini sedikit ulasan untuk seri tertinggi seri C saat ini ya!

Patrol C091 memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Dibekali dengan fork terkemuka di dunia yaitu RockShox Recon dengan ketinggian travel 130mm, yang memiliki fitur compression damper dan rebound damper.
  • Pada bagian kokpit, seatpost, saddle dan pengereman juga kurang lebih sama seperti C092.
  • Berbeda dengan C092 dan C093 yang menggunakan grupset dari Shimano, Patrol C091 menggunakan konfigurasi 1 x 12 speed dari Sram SX Eagle.

Harga sepeda Patrol C091 : Rp. 21.769.000

Menurut kami, dengan spesifikasi yang dibekali yaitu frame carbon yang ringan, travel fork 130mm, bahkan sampai komponen grupset yang disematkan… memang worth to buy untuk pecinta sepeda XC yang suka gaduh-gaduhan di medan offroad nih!

Kalau menurut kalian bagaimana ? kasih komennya di bawah ya!

Di serbasepeda.com masih ada promo GRATIS ONGKIR lho selain itu GRATIS SERVIS seumur hidup untuk setiap pembelian sepeda di serbasepeda.com.

Lengkapnya bisa kalian simak pada review sepeda Patrol seri C di channel youtube Serbasepeda di bawah ini.