08 Dec 2017 / Tips & Trick

Tips Cermat Memilih Helm Sepeda

Helm sepeda merupakan aksesoris wajib yang harus dimiliki oleh penggemar olahraga sepeda. Terutama Anda yang bersepeda di trek off-road ataupun cross country dengan medan yang cukup berbahaya. Bukan hanya untuk gaya-gayaan agar  terlihat keren, penggunaan helm juga berfungsi untuk melindungi kepala dari cidera saat terjadi kecelakaan.

Nah, artikel berikut ini merupakan beberapa tips cermat yang bisa membantu Anda saat memilih helm sepeda yang tepat dan sesuai.

Rasa Nyaman

Jangan terlalu mempercayai harga karena helm yang mahal belum tentu baik digunakan, karena kenyamanan saat memakainya juga merupakan hal yang penting. Seandainya harga helm sepeda kita mahal namun tidak cocok dan tidak nyaman itu akan menjadi hal yang sia-sia.

Bantalan

Bantalan di dalam helm berfungsi untuk menahan goncangan saat helm mengalami benturan. Selain itu, bantalan juga berfungsi agar helm terasa nyaman digunakan sekaligus membantu menyerap keringat. Pilih helm dengan bantalan yang pas, tidak goyang saat digunakan dan bisa dilepas sehingga memudahkan kita untuk membersihkannya. Karena biasanya bau apek pada helm bersumber dari bantalan yang jarang dibersihkan.

Ventilasi

Jenis helm yang berbeda mempunyai sistem ventilasi yang berbeda pula. Pilih helm dengan ventilasi yang baik. Semakin terasa sejuk saat digunakan, maka semakin baik ventilasi pada helm tersebut.

Tali Pengikat Dagu

Pilih tali pengikat dagu dengan material yang kuat agar tidak mudah lepas dan dapat tetap pada posisinya melindungi kepala ketika terjadi benturan. Tali pengikat dagu dianggap ideal ketika membentuk seperti huruf V tepat dibawah telinga.

Pilihlah helm yang berkualitas baik

Mau bagus kok mencari yang murah? Begitu pasti pendapat orang-orang ketika sedang tawar menawar harga di sebuah pasar. Namun, syarat tadi tidak berlaku jika ingin membeli helm sepeda. Sebab dalam memilih helm sepeda jangan pernah terlalu percaya dengan merek. Lihatlah kualitasnya melalui spons dan berat helm. Spons yang bagus adalah yang tidak mudah mengkerut dan helm tersa ringan jika saat digunakan.

Untuk Anda yang akan membeli Helm Sepeda dapat memperhatikan poin poin diatas. Dari sinilah Anda dapat mengetahui helm yang berkualitas yang dapat Anda beli. Jangan sampai meyesal setelah membeli. Semoga dengan perlengkapan yang lengkap, Anda dapat bersepeda dengan nyaman dan aman.

Itu dia tips memilih helm sepeda yang bisa Anda lakukan. Dapatkan berbagai jenis helm yang super keren di sini.

Dikutip :

gowesbike.com
blog.bukalapak.com