24 Jul 2021 / Tips & Trick

5 Tips Memilih Sepeda Anak Sesuai Dengan Umur

Sepeda merupakan olahraga yang paling sering dijumpai. Termasuk olahraga popular karena mencakup semua usia, seperti sepeda anak ini. Sepeda anak merupakan sepeda yang di desain khusus untuk anak-anak dengan pola yang anak sukai. Segala komponen juga pastinya dibuat safe untuk dimainkan oleh anak.

Di bawah ini merupakan tips memilih sepeda untuk anak dimana ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi acuan kita untuk memilih dan membelikan sepeda yang cocok untuk sang buah hati (secara umum):

5 Tips Sebelum Membeli Sepeda Anak

  1. Ukuran sepeda

Ukuran sepeda tentunya harus diperhatikan mengingat seberapa besar anak anda dan umurnya. Ukuran sepeda ditentukan dari ukuran ban sepeda itu sendiri. Pastikan anak anda nyaman pada saat mengendarai sepeda  yang akan dibeli.

  1. Ketinggian sadel

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pada saat sang anak duduk di atas sadel. Pastikan si kecil dapat meraih stang dengan mudah dan kaki dapat menyentuh tanah dengan sempurna.

  1. Rem

Rem perlu diperhatikan mengingat peralatan tersebut sangat penting. Cobalah rem saat anda membeli sepeda dengan melakukan memutar sepeda terus tekan tuas remnya. Pastikan rem itu bekerja dengan baik dan tidak ada suara yang keluar.

  1. Frame sepeda

Frame atau biasa kita sebut dengan rangka sepeda, merupakan bagian terpenting pada sepeda. Rangka sepeda harus kuat dan lurus dari depan sampai ke belakang.

  1. Pelindung rantai dan gear

Carilah sepeda yang terdapat aksesoris pelindung gear atau rantainya. Hal ini penting karena untuk melindungi sang buah hati bila terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Sesuaikan Usia Anak Anda

Memilih sepeda untuk anak sebaiknya disesuaikan dengan usia anak, sehingga bisa memberikan kenyaman serta memperhatikan faktor keamanan dari anak itu sendiri. Berikut adalah ukuran sepeda dikaitkan dengan usia sang buah hati :

Jika Anda berencana untuk membeli sepeda untuk buah hati Anda yang berusia 1-3 tahun. sebaiknya Anda memilih menggunakan sepeda roda tiga (tricycle). Sebuah sepeda yang terdiri dari 1 roda pada bagian depan dan 2 roda di bagian belakang.

Jika usia anak anda antara 2-4 tahun. Maka pilihlah sepeda yang sesuai untuk sang buah hati adalah sepeda 12 (sepeda ukuran 12″)

Sepeda ini merupakan sepeda ukuran terkecil yang menggunakan penggerak pedal pada bagian tengah, pada sepeda ukuran 12 ini biasanya terdapat 2 roda bantu pada bagian belakang samping kanan dan samping kiri sepeda.

Menginjak usia 4 tahun ukuran sepeda 12 biasanya sudah tidak bisa lagi digunakan oleh anak-anak karena lututnya akan terbentur dengan setang sepeda pada saat memutar pedal sepeda. Jadi jika usianya antara 4-7 tahun maka ukuran sepeda yang cocok adalah sepeda 16 (sepeda ukuran 16″).

Baca Juga : Perhatikan! 5 Tips Memilih Sepeda Lipat United Sebelum Membeli

Pada beberapa anak usia 5-8 tahun ukuran sepeda 16″ masih bisa digunakan, Akan tetapi jika dalam bersepeda gerak badan merasa terbatas maka sepeda 18 (sepeda ukuran 18″) bisa menjadi alternative pilihan untuk buah hati anda.

Pada saat anak berusia 8-13 tahun. sepeda ukuran 20″ atau BMX menjadi pilihan yang paling tepat untuk buah hati anda. sepeda ukuran 20″ ini merupakan salah satu ukuran sepeda yang paling banyak penjualannya di pasaran.

Ukuran-ukuran tersebut tidaklah mutlak, tetapi disesuaikan dengan postur tubuh anak. Sedangkan untuk sepeda jenis sepeda gunung (MTB) atau sepeda balap (road bike) biasanya digunakan untuk remaja dan orang dewasa.

Cari Sepeda Anak? Cari di Serbasepeda.com

Untuk para orang tua yang ingin membelikan sepeda untuk sang buah hatinya, alangkah baiknya Anda memilih sepeda dengan pertimbangan yang matang. Jadi pilihkanlah sepeda untuk buah hati dengan bijak. Semoga tips diatas dapat membantu orang tua yang bingung waktu akan membeli atau memilih sepeda untuk sang buah hatinya.

itulah tips memilih sepeda untuk buah hati tercinta dari kami tim serbasepeda.com mudah-mudahan info ini berguna untuk Anda. Bagi Anda yang membutuhkan sepeda anak berkualitas bisa mengunjungi toko sepeda kami yang berlokasi di Jabodetabek atau lewat toko sepeda online kami di serbasepeda.com.