09 Mar 2021 / Product Knowledge

United Epsilon T2.1 Sepeda Fullsus Kelas Profesional

united epsilon t2.1
United Epsilon T2.1

United Epsilon T2.1 merupakan sepeda softail yang memiliki spesifikasi kelas profesional terbaik. Namun sebelum itu apa sih sepeda softail? …apa perbedaan sepeda softail dan softail? …Berikut kami berikan penjelasan singkatnya ya SobatSS!

Sepeda hardtail

Sepeda hardtail adalah sepeda gunung yang paling banyak ditemui. memiliki rangka kaku tanpa suspensi, dan hanya memiliki satu suspensi di bagian fork atau garpu sepeda.

Sepeda softail

Sepeda softail atau biasa disebut dengan full suspension adalah  sepeda yang memiliki 2 suspensi, yaitu pada bagian fork atau garpu sepeda, dan pada bagian rangka sepeda..

Seri United Epsilon sendiri masuk ke dalam sepeda softail terlaris di Serbasepeda.com.

Secara spesifikasi, United Epsilon T2.1 berada 1 tingkat diatas seri T2 namun apa saja bedanya? …berikut ini ulasan singkatnya.

FRAME

united epsilon t2.1

Sama seperti versi Epsilon T2 sebelumnya, T2.1 dibekali frame berbahan Alloy yang sudah support TA Boost dan menggunakan frame model fourbar.

Sebagai MTB fullsus, melekat sebuah rearshock dari Suntour Unair, yang memiliki panjang Eye to Eye 190mm dan stroke 50mm.

Lanjut ke bagian striping, untuk seri T2.1 ini sepertinya dibekali dengan desain yang lebih ramai ya.

ini terlihat percampuran 2 warna serta striping yang lebih banyak. Namun secara tampilan terkesan lebih modis ya dibanding versi T2 sebelumnya yang warnanya cenderung monokrom (tampilkan video T2 yang lama, clip2 di youtube tanpa subtitle) (atau nanti cari di PC eliz dl)

Epsilon seri T2.1 juga sudah menggunakan teknologi-teknologi modern seperti : headtube tapered, yang menjadikannya lebih kokoh dan kuat saat menerima guncangan.

Tidak lupa juga, jalur kabel pada sepeda ini juga sudah menggunakan teknologi Internal Cable Routing, sehingga tampilan secara keseluruhan terlihat rapi tanpa juntaian kabel di luar frame.

FORK

united epsilon t2.1

Beralih ke bagian suspensi depan atau fork.

Epsilon seri T2.1 menggunakan fork terkemuka dari RockShox Recon dengan panjang travel 120mm, sudah menggunakan angin dan dilengkapi dengan fitur compression, yang bisa di adjust menggunakan sebuah remote yang terdapat di bagian kokpit.

KOKPIT

united epsilon t2.1

Kita naik ke bagian handlebar, T2.1 dibekali handlebar berbahan alloy berpanjang 750mm dan stem juga berbahan alloy yang cukup pendek dengan panjang 45mm.

SEATPOST & SADDLE

Pada bagian seatpost dan saddle, menggunakan seatpost berbahan alloy dengan panjang 350mm dan diameter seatpost 30.9mm.

GROUPSET

Kita sampai ke grupset, sebelumnya seri T2 menggunakan konfigurasi 1 x 11 speed dari Shimano Deore, kini seri di atasnya yaitu T2.1 sudah menggunakan Shimano Deore XT dengan konfigurasi 1 x 12 speed.

Kita mulai bahas dulu dari shifter yang digunakan ya, disini terlihat T2.1 menggunakan shifter dari Shimano SLX, lalu turun ke bagian crank, menggunakan crank dari United Component yang sudah hollowtech dengan jumlah mata gigi 34.

Beralih ke bagian RD, sepeda ini sudah menggunakan RD dari Shimano Deore XT yang sudah disematkan fitur shadow+.

Terlihat di sini, terdapat 12 tumpuk sprocket dengan jumlah mata gigi 11 – 50T.

PENGEREMAN

Epsilon T2.1 dibekali dengan pengereman yang baik yaitu hydraulic disc brake dari Shimano dengan diameter rotor 160mm depan dan belakang.

WHEELSET

Beralih ke bagian wheelset ya SobatSS. Epsilon seri T2.1 ini menggunakan ukruran wheelset 27.5 x 2.35, cukup lebar ya..

Ban lebar seperti ini memang sangat cocok digunakan untuk melewati medan offroad yang bervariasi.

Untuk ban yang digunakan yaitu dari Maxxis Forekaster.

Untuk bagian ban dalam juga sudah dilengkapi dengan pentil presta ya.

BOBOT

Berat United Epsilon T2.1 : 15,49 Kg

Oh iya bobotnya sudah termasuk dengan pedalnya juga ya SobatSS.

KESIMPULAN & HARGA

Harga United Epsilon T2.1 : Rp 16.000.000

Dengan spesifikasi kelas professional, tidak heran sepeda ini dibandrol dengan harga segitu ya SobatSS!

Jadi kesimpulannya, untuk kamu yang punya hobi bersepeda offroad yang sudah kelas middle up, bisa banget nih jadiin United Epsilon T2.1 sebagai teman gowes kamu!

Link pembelian United Epsilon T2.1 klik disini!

Selain spesifikasi yang memang sudah kece banget, pastinya bisa naikin gengsi kamu saat bersepeda offroad bersama teman gowes yang lain nih!

Gimana menurut kalian ? diskusi dengan kami di bawah yuk SobatSS!

Baca Juga — Cara Memilih Sepeda Gunung Yang Cocok Untuk Aktivitas Harian

Lengkapnya kalian bisa cek video review United Epsilon T2.1 di channel youtube Serbasepeda.