16 Nov 2020 / Product Knowledge

Apa Saja Yang Baru Di Polygon Xtrada 7 2021?

Polygon Xtrada 7 2021 merupakan sepeda gunung seri terbaru dari Polygon. Kalau sebelumnya seri tertinggi Xtrada adalah Xtrada 8 kini Xtrada 7 lah yang menggeser tahta Xtrada 8 jadi seri tertinggi Xtrada. Perubahan pertama bisa dilihat pada harganya yang lebih murah daripada Xtrada 8 namun memiliki spesifikasi diatas Xtrada 7 versi sebelumnya. Seperti apa lagi perubahan yang dibawa sepeda gunung Polygon Xtrada 7?

Mari kita bahas satu persatu perubahan yang dibawa dimulai pada bagian Frame. Dari segi warna, Xtrada 7 2021 hadir dengan warna yang fresh dengan peraduan gradasi warna dari biru muda ke biru tua untuk bagian chainstay hingga toptube serta tambahan warna kuning pada bagian headtubenya berbeda dengan tahun lalu dimana Xtrada 7 hadir dengan nuansa gelap.

Dilihat secara material sepeda ini dibekali frame berbahan ALX alloy yang sudah mengadopsi fitur-fitur modern seperti headtube tapered, dropout thru axle dan internal cable routing. Dari segi geometri frame Xtrada 2021 sudah mengadaptasi teknologi sepeda XC modern yang dikenal dengan istilah low, long dan slack.

Beralih ke bagian fork, sepeda ini menggunakan fork suspensi dari Suntour dengan tipe XCR yang sudah menggunakan system air suspension dengan travel 120mm dengan dropout thru axle dan sudah dilengkapi dengan fitur lockout serta rebound damper.

Di bagian steering menggunakan handlebar,stem serta handgrip dari merek Entity dengan panjang handlebar 760mm dan stem 40mm untuk grip-nya masih menggunakan rubber yang belum dilengkapi dengan lock, kalau SobatSS mau mengganti gripnya bisa mengunjungi Toko Sepeda Serba Sepeda di link berikut ini.

Secara keseluruhan Xtrada 7 2021 menggunakan groupset Shimano Deore M6100 dengan konfigurasi 1 X 12 Speed yang mana sebelumnya menggunakan 1 X 10 speed. Sebuah perubahan yang sangat legit ya. Dengan bertambahnya jumlah speed, SobatSS akan semakin mudah untuk melibas jalan menanjak.

Untuk detailnya mari kita mulai bahas dari shifter, dimana shifter yang terpasang di sini hanya di kanan saja untuk RD yaitu Shimano Deore SL-M6100. Kita turun ke bagian crank yang menggunakan crank single chainring dari Shimano Deore yang sudah menggunakan teknologi Hollowtech 2 dengan panjang arm 170mm dan jumlah mata gigi 32T. Kalau SobatSS ingin melakukan upgrade menggunakan dual atau triple chainring kalian bisa menambahkan FD disini dan untuk jenis mountingnya adalah direct mount e-type.

Rantai yang digunakan yaitu dari KMX seri X12 12 Speed, untuk RD yang digunakan juga dari Shimano Deore dengan model long cage. Pada bagian sprocket-nya menggunakan sprocket Shimano Deore dengan jumlah mata gigi 10-51T.

Untuk pengereman menggunakan pengereman hidrolik dari Shimano dengan seri MT-200 dan dilengkapi rotor model centerlock berukuran 160mm depan dan belakang.

Untuk seatpost dan saddle menggunakan seatpost alloy dengan diameter 27.2mm dan panjang 350mm. Juga disematkan saddle Entity bertipe Void dengan lebar 140mm. Untuk seatpostnya sendiri bisa di upgrade menjadi dropper seatpost ya karena untuk jalurnya sudah disediakan.

Wheelset-nya menggunakan rims alloy double wall dengan jumlah jari-jari 32 hole yang dikombinasikan dengan hub depan TA 100mm dan hub belakang TA Boost 148mm.

Bannya sendiri menggunakan WTB Trail Boss dengan ukuran 27.5 X 2.25. Secara tampilan jelas gagah dan sangar ya.

Penggunaan ban ini juga sangat cocok bagi SobatSS yang banyak melewati jalur kombinasi antara halus dan kasar. dan pada bagian ban dalam, jenis pentilnya adalah presta jadi kalian harus menyediakan adaptor untuk memompa bannya.

Berat Xtrada 7 2021 yakni 14.48 Kg (ukuran frame S ban 27.5)

bobotnya sangat wajar untuk ukuran sepeda XC dengan spec yang sudah kami bahas sebelumnya.

Harga Polygon Xtrada 7 2021 : Rp 10.000.000

Cek status stok dan pemesanan di link berikut ini.

Dari segi harga mengalami kenaikan harga Rp 500.000 dari versi sebelumnya, kenaikan ini kami rasa masuk akal karena ada upgrade di beberapa bagian. Supaya lebih jelas bagian apa saja yang mengalami peningkatan berikut ini kami berikan tabel perbandinggannya.

Xtrada merupakan salah satu seri varian sepeda gunung terlaris dari Polygon jadi memang stoknya akan sulit ditemui kalau tidak bergerak cepat. Bagi yang ingin menonton reviewnya bisa simak review lengkapnya di bawah ini.