18 Apr 2023 / Tips & Trick

5 Tips Menyimpan Sepeda Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Ketika kamu tidak memakai sepeda dalam waktu yang lama, kamu harus memperhatikan cara menyimpan yang aman, lho! Meletakkan sepeda begitu saja bukanlah cara yang tepat! Hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen. Menyimpan sepeda dengan baik menjadi kunci keawetan sepeda, berikut kami berikan tips menyimpan sepeda dalam waktu yang lama : 

1. Drivetrain

tips menyimpan sepeda

Pastikan drivetrain dalam kondisi bersih dan terlumasi dengan baik. Drivetrain yang terlumasi dengan baik akan meminimalisir terjadinya karat saat penyimpanan walaupun disimpan dalam waktu yang lama.

Beli di sini : Pelumas Sepeda 

Jadi pastikan drivetrain sepedamu bersih dan terlumasi dengan baik.

2. Atur Posisi Rantai

tips menyimpan sepeda

Posisi rantai yang paling baik untuk penyimpanan sepeda yang lama adalah mengatur posisi rantai di sprocket dan crank pada posisi gigi terkecil. Tujuannya sederhana, yaitu untuk meminimalisir tensi/tegangan yang ada pada pegas RD dan kabel shifter karena dengan tensi yang tinggi dalam waktu yang lama akan membuat pegas RD menjadi kurang kuat dan kabel shifter menjadi melar.

3. Tekanan Angin Ban

tips menyimpan sepeda 2021

 

Kumpulan Pompa Sepeda

Atur tekanan angin ban ke tingkat optimal untuk penyimpanan misalkan hanya sekitar 10 – 15 psi tujuannya agar tetap pada bentuk normalnya tanpa ada tekanan yang dapat menyebabkan ban retak jika tidak digunakan dalam waktu yang lama. Kita bisa ambil contoh sepeda pabrikan dari dalam dus, rata-rata ban dipompa dengan tekanan rendah agar ban tetap awet saat distribusi.

4. Pilih Posisi Yang Tepat

Ban jangan menyentuh lantai 

Beli di sini : Gantungan Sepeda 

Simpan sepeda di tempat yang tidak lembab, sebisa mungkin hindari kontak ban dengan permukaan lantai, salah satu caranya dengan menggantung sepeda pada bracket di dinding seperti ini atau bisa juga memberikan alas pada ban seperti dibawah ini.

5. Gunakan Produk Perawatan Sepeda

Banyak produk perawatan sepeda yang bisa mencegah kerusakan saat penyimpanan yang lama, seperti:

  • Bike wash atau shampo khusus sepeda untuk mencuci sepeda secara keseluruhan
  • Tire polish atau semir ban untuk mencegah getas pada ban dan masih banyak lagi

Nah itu dia 5 tips menyimpan sepeda yang baik dan benar dari Serbasepeda. Lengkapnya bisa menonton video dari channel Serbasepeda di bawah ini.

Serbasepeda menjual berbagai kebutuhan perawatan sepeda Anda di link berikut ini. Bagi yang membutuhkan beragam produk perawatan sepeda bisa datang langsung ke toko kami yang berlokasi di Jabodetabek.

Dan tidak lupa selalu kami ingatkan, untuk kamu yang beli sepeda di SerbaSepeda maka kamu akan mendapatkan 3 perlindungan garansi salah satunya adalah gratis servis selamanya! Namun untuk kamu yang ingin datang ke toko SerbaSepeda untuk servis saja, bisa cek biaya servis di sini