11 Apr 2023 / Product Knowledge, Tips & Trick

Cross Chain? Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan!

Banyak pesepeda pemula saat ini sering melakukan keslahan kecil yang sebenarnya bisa berujung fatal, lho! Berikut kami berikan sedikit tips bersepeda menurut SerbaSepeda :

1. Tips Bersepeda : Tidak Melakukan shifting pada saat sepeda berhenti

Nah siapa nih yang masih suka iseng melakukan shifting saat sepeda sedang berhenti atau sedang tidak digowes sama sekali ? Walaupun mindahin gigi pada saat sepeda sedang berhenti tidak langsung menyebabkan RD menjadi patah, bukan berarti hal tersebut boleh dilakukan ya SobatSS!

Hal yang rusak lebih cepat itu adalah shifter. Akan ada bagian kecil di dalam shifter yang bisa patah dan akhirnya shifter menjadi rusak. 

2. Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Gowes : Terjadi Cross Chain! 

Pernahkah kamu merasa terganggu dengan suara asing yang tiba-tiba muncul dari rantaimu ? ternyata suara itu bisa jadi menunjukkan adanya kesalahan posisi rantai atau istilah umumnya adalah cross chain loh! Cross chain terjadi saat rantai ada di chain ring terbesar dan sprocket terbesar, atau sebaliknya. Selain membuat bunyi yang tidak nyaman karena rantai menyentuh plat FD baik plat dalam maupun luar, hal seperti ini membuat posisi rantai serong, parahnya lagi bisa membuat rantai kendur dan putus!

Cross Chain juga tidak bisa dianggap enteng loh SobatSS! Sebagai tambahan informasi, jika hal itu dilakukan terus menerus, biasanya RD juga akan bekerja sangat keras menahan tegangan rantai yang mengakibatkan RD tidak bisa beroperasi dengan baik.

Umumnya, kejadian cross chain ini terjadi pada transmisi double dan triple chainring nih SobatSS! Jika kamu menggunakan transmisi single chainring maka tidak akan terjadi cross chain ya! 

Cara Memilih Sepeda yang Cocok

Tips dari kami untuk menghindari crosschain pada transmisi triple chainring kita ambil contoh sepeda dengan kecepatan 3 X 9 speed, gunakan chainring besar pada sprocket kecil dari keping 1 sampai 3 keping di atasnya. Lalu kemudian hal yang sama untuk chainring tengah, keping 4 hingga 6 kemudian chainring terbesar untuk keping 7 hingga 9. 

Jadi berimbang untuk chainring kecil ke 2-3 keping dengan kepingan sprocket yang lainnya ya. 

3. Hanya memakai salah satu pengereman 

Maksudnya gimana tuh ? jadi saat turunan hanya menggunakan 1 pengereman aja nih SobatSS, hanya pakai rem depan atau hanya pakai rem belakang.. Ini kurang tepat ya, selain bisa membahayakan kamu, hal ini juga membuat salah satu rem akan bekerja lebih keras, dan bisa menyebabkan rem blong karena terlalu panas. 

Nah itu dia tadi sedikit tips bersepeda dari kami, apakah kamu punya pengalaman yang mau kamu sharing untuk SobatSS yang lain ? boleh banget ditambahin di kolom komentar ya!