10 Feb 2023 / Product Knowledge, Tips & Trick

Rekomendasi Penggunaan Manset Sepeda

Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati oleh berbagai umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebagian masyarakat juga memiliki waktu bersepeda yang berbeda-beda, loh. Ada yang bersepeda di pagi hari, siang hari, bahkan malam hari. Namun perlu diingat ya, kamu perlu berhati-hati dengan sinar matahari yang dapat merusak kulit kamu! Kami akan rekomendasi manset sepeda untuk perlindungan kulit kamu!

Kegunaan Sinar Ultraviolet

Namun, sinar matahari tidak selamanya merusak. Tahukah Kamu bahwa beberapa vitamin dapat terbentuk karena bantuan sinar matahari? Sebagai contoh vitamin D yang berperan dalam pembentukan dan penguatan tulang bisa dibentuk dengan bantuan sinar matahari.

Waktu terbaik yang disarankan antara pukul 7 – 9 pagi. Tidak dianjurkan untuk berjemur diatas jam 9 pagi karena radiasi sinar UVA jauh lebih banyak.

Pengertian UVA dan UVB

  • Sinar UVA

Sinar UVA mampu menembus dan mempengaruhi sel kulit lebih dalam. Bila sinar UVB hanya mencapai lapisan permukaan atau epidermis, maka sinar UVA mampu menyerap melewati lapisan epidermis hingga ke lapisan dermis. Akan tetapi tidak menyebabkan kerusakan langsung pada DNA manusia.

Kondisi Kulit Terkena UVA

Kondisi Kulit Terkena UVA

Tidak seperti sinar UVB, sinar UVA tidak diserap oleh lapisan ozon. Sehingga hampir 95% sinar UV yang sampai menuju tanah merupakan UVA. Selain itu, efek yang ditimbulkan dari hasil paparan sinar UVA dapat terlihat langsung dan segera. Pada beberapa kasus, terpapar sinar UVA dalam waktu lama, tidak hanya membuat efek terbakar, melainkan juga membuat kulit menjadi keriput atau penuaan dini. Beberapa tanda yang muncul, yakni keriput dan noda hitam bahkan bisa menyebabkan kanker. Itulah mengapa radiasi sinar UVA sering dikaitkan dengan beberapa kanker kulit.

Tips Memilih Jenis Sepeda yang Cocok 

  • Sinar UVB

Pada dasarnya paparan sinar ini merusak lapisan terluar kulit, dan dapat secara langsung merusak DNA. UVB merupakan sinar UV yang paling banyak menyebabkan kanker kulit. Jika pada sinar UVA, efek paparan dapat timbul secara langsung, berbeda dengan paparan sinar UVB yang mengarah ke sunburns, yang umumnya timbul beberapa jam setelah terpapar sinar matahari.

Kondisi Kulit Terbakar

Kondisi Kulit Terbakar

Rekomendasi Manset Sepeda 

Namun, perlu Anda ketahui, terlalu lama terpapar sinar UVB dapat menimbulkan banyak dampak negatif bagi kulit, seperti kulit memerah yang disertai perih, rasa terbakar hingga merusak melanin, sehingga membuat kulit cenderung lebih gelap. Untuk Kamu yang sering melakukan aktivitas outdoor pada siang hari, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock atau manset anti UV, ya! Manset anti UV yang kami rekomendasikan yaitu dari STR! selain bahannya yang lembut dan nyaman dipakai, manset ini memiliki perlindungan anti UV agar kamu terhindar dari sunburn.

Manset Anti UV

Manset Anti UV


Tidak hanya berdampak negatif pada kulit, radiasi sinar UVB dapat menimbulkan radikal bebas pada lensa mata, sehingga dapat melindungi lensa mata dari terbentuknya katarak mengurangi radikal dengan bebas di dalam lensa mata. Untuk kamu pesepeda, kamu bisa menggunakan kacamata yang sudah memiliki 100% perlindungan terhadap UVA & UVB. Uvex merupakan Kacamata Sportstyle yang diproduksi di German. Kacamata olahraga yang dapat menemani kamu disetiap aktivitas. Kamu bisa menggunakan Kacamata Uvex sebagai pendukung dan pelindung saat kamu bersepeda pada siang hari ya!

Kacamata Anti UV

Kacamata Anti UV

Kacamata Sepeda Anti UV

Cara mencegah efek sinar UVA dan UVB

Agar kesehatan kulit dapat terjaga, penting untuk melindungi diri dari sinar matahari. Terlebih lagi jika kamu punya banyak aktivitas di luar ruangan. Berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi dampak sinar UV.

  • Gunakan sunscreen minimal SPF 30.
  • Pakai baju atau manset tertutup.
  • Gunakan topi atau payung saat bepergian ke luar.
  • Gunakan kacamata anti UV, untuk perlindungan maksimal, kamu bisa menggunakan kacamata sepeda yang sudah dilengkapi dengan anti UV.