19 Feb 2021 / Tips & Trick

6 Kesalahan Fatal Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Merawat Sepeda

Merawat sepeda memang penting namun biasanya bagi pemula dalam dunia sepeda seringkali ketika menemui kerusakan atau ‘bunyi aneh” pada sepeda mereka membetulkan sendiri tanpa tahu dasar-dasar mengenai sepeda nah kali ini Serbasepeda.com ingin membagikan 6 kesalahan fatal yang bisa kamu lakukan ketika merawat sepeda.

  1. Memutar sekrup RD
merawat sepeda

Sekrup pada RD Anda tidak longgar, tetapi sebenarnya itu telah diatur sedemikian rupa agar batas pemindah gigi dapat bergerak. Jika mekanik sepeda telah setting sepeda Anda saat membeli sepeda maka kemungkinan besar Anda tidak perlu menyentuh sekrup tersebut lagi.

Jika perpindahan gigi Anda tiba-tiba rusak, hal itu mungkin disebabkan oleh tegangan kabel (atau kabel kotor) atau gantungan derailleur yang bengkok.

  1. Menggunakan pelumas yang salah
merawat sepeda

Setiap pelumas mempunyai karakteristik yang berbeda jika menggunakan pelumas WD-40 contohnya memang bagus untuk beberapa hal (seperti menghilangkan residu lem dari stiker atau pembersihan lainnya), tetapi untuk melumasi rantai sepeda tidak cocok.

Jika melumasi rantai dengan pelumas yang salah maka pelumas yang tertinggal di luar roller dan penghubung rantai atau link akan mengumpulkan kotoran dan pasir. Seiring waktu, ini akan menyebabkan peningkatan keausan.

Gunakan pelumas khusus rantai sepeda yang bisa dibeli di serbasepeda.com dengan merek Finish Line di link berikut ini.

3. Pelumasan rem untuk memperbaiki bunyi berdecit

Jika rem Anda berdecit, jangan mengira bahwa gemuk atau oli adalah jawabannya. Pelumas dan rem tidak bercampur.

Jika Anda menggunakan rem pelek, kemungkinan itu berkaitan dengan bagaimana kampas rem. Coba Anda lihat posisi pemasangan kampas rem apakah Jika terlihat sudah usang dan mengering maka ganti kampas rem.

Untuk pengguna rem sepeda cakram, beberapa rem cakram mengeluarkan bunyi berdecit namun seringkali itu adalah tanda kontaminasi dimana piringan cakramnya kotor maka tinggal dibersihkan saja.

Baca Juga — Tips Dan Trick Agar Sepeda Kamu Awet Bertahun-Tahun

4. Mengencangkan headset secara berlebihan

merawat sepeda

Sistem headset threadless bekerja dengan memuat bantalan terlebih dahulu dengan tutup di atas, lalu memutar batang dengan baut penjepitnya.

Biasanya, baut atas dianggap harus benar-benar kencang, sering kali mengakibatkan mur bintang atau bantalan headset macet. Ingat, kecangkan baut atas ini secukupnya jangan terlalu kencang untuk melepaskan permainan bearing headset.

Jika Anda merasa ada hambatan ketika menggerakan headset Anda maka kemungkinannya headset terlalu dikencangkan.

Pengecualian untuk ini adalah pada stem tipe jadul (dapat dibedakan dengan satu baut di bagian atas, tanpa baut penjepit di sisi stem).

5. Tidak menutup Quick Release dengan benar

Quick Release cukup banyak ditemui pada sepeda jaman sekarang jadi sebelum bersepeda cek dahulu posisi Quick Release apakah sudah kencang dan ditutup.

Sederhananya, Quick Release memiliki posisi terbuka dan tertutup. Sebelum mengendarai sepeda, Anda membutuhkan Quick Release dalam posisi tertutup. Setelah mengencangkan mur, tuas Quick Release harus dikunci dengan tekanan yang cukup sehingga meninggalkan sedikit bekas di telapak tangan Anda.

Pastikan penutupnya cukup kencang sehingga Anda tidak bisa membukanya hanya dengan ujung jari.

Baca Juga — Cara Membersihkan Rantai Sepeda Secara Baik Dan Benar

6. Tekanan ban sepeda yang tidak sesuai

Mengendarai dengan ban dengan tekanan udara di bawah standar atau terlalu besar adalah kesalahan umum lainnya. Di sini, pompa sepeda berkualitas baik membuat perbedaan nyata hanya dengan menambahkan udara ke ban Anda sebelum Anda meninggalkan rumah.

Untuk tekanan minimum dan maksimum, lihat dinding samping ban sepeda Anda. Kesalahan umum lainnya adalah penggunaan katup Presta. Ini bisa jadi sangat rumit dan penting untuk tidak terlalu memaksakan puntirannya.

Sebelum memasang kepala pompa, pastikan mur telah dilepas ke bagian atas poros berulirnya, lalu tekan sedikit katup sampai Anda mendengar udara keluar.

Hubungkan pompa sepeda secara sejajar ke katup dan setelah dipompa, lepaskan kepala pompa dalam garis lurus yang sama. Berikut panduan tekanan udara yang pas pada ban sepeda.

Jangan lupa untuk merawat sepeda Anda. Serbasepeda.com menjual beragam produk perawatan sepeda terbaik untuk Anda klik disini.

Ingat sepeda Ingat Serbasepeda.com.

Baca Juga — Cara Merawat Sepeda Lipat Agar Awet