05 Apr 2021 / Product Knowledge

Sepeda Gunung Terbaik 2021 Dari Kelas Pemula Hingga Pro

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi sepeda gunung terbaik 2021 mulai dari kelas pemula hingga kelas professional. Sebelumnya kami sudah bahas rekomendasi dari sepeda balap terbaik awal 2021.

Kali ini kami akan bahas hanya beberapa perwakilan brand saja ya SobatSS. Kami bagi jadi beberapa kategori sesuai harga dari kelas pemula, middle up hingga setara kelas professional ya!

Berikut ini rekomendasi sepeda gunung terbaik 2021.

KATEGORI PEMULA

Thrill Vanquish 3.5

Sepeda Gunung Terbaik 2021

Di urutan pertama untuk kategori MTB untuk kelas pemula, ada Thrill Vanquish 3.5. MTB yang dibanderol dengan harga Rp 4.630.000 ini memiliki spesifikasi seperti :

Sepeda Gunung Terbaik 2021

Yang pertama yaitu frame ini berbahan alloy dengan bobot keseluruhan sepeda kurang lebih 16 Kg. Lalu untuk bagian suspensi depan atau fork, sudah menggunakan suspensi bermutu yaitu Suntour XCM dengan ketinggian travel 120mm yang sudah lockout.

Dibekali dengan konfigurasi 3 x 8 speed mix antara 3 speed Tourney untuk FDnya, dan 8 speed dari Sram X4 untuk bagian RDnya. Wah sepertinya Thrill Vanquish 3.5 menjadi satu satunya MTB pemula dengan budget 4,6 jutaan yang sudah menggunakan grupset RD dari SRAM ya, untuk yang belum tau, Sram adalah grupset asal Amerika Serikat, merk ini juga sudah terkenal dikalangan pesepeda di tanah air loh!

lebih detail lagi, kita bahas dari bagian crank dulu, untuk crank yang disematkan yaitu model square tapered atau BB kotak dengan chainring berjumlah mata gigi 24-34-42. Beralih ke bagian belakang, terdapat sprocket bermerk Sunrace dengan jumlah mata gigi 11-32T.

Untuk sistem pengeremannya, Thrill Vanquish 3.5 menggunakan pengereman hidrolik dari Tektro, pengereman yang sudah sangat baik untuk kelas pemula ya.

United Miami 4.00

Sepeda Gunung Terbaik 2021

Masih di kategori kelas pemula, selanjutnya ada MTB United Miami 4.00. Dengan harga Rp 4.780.000, kamu sudah mendapatkan MTB kelas pemula dengan spesifikasi seperti :

Sepeda Gunung Terbaik 2021

Yang pertama pastinya frame ini sudah berbahan alloy, dengan bobot keseluruhan sepeda kurang lebih sekitar 16kiloan

Untuk bagian suspensi, juga sama sperti yang digunakan pada Thrill Vanquish 3.5 tadi, yaitu menggunakan suspensi bermutu dari Suntour XCM dengan ketinggian travel 120mm yang sudah lockout.

Kalau di urutan pertama tadi menggunakan konfigurasi 3 x 8 speed,  untuk United Miami 4.00  sudah menggunakan konfigurasi 3 x 9 speed, mix antara 3 speed Shimano Altus untuk bagian depan, dan 8 speed Shimano Alivio untuk bagian belakang.

Lebih detail lagi, kita langsung aja bahas dari bagian crank nya dulu, menggunakan crank dengan model Square Tapered atau BB kotak dengan chainring berjumlah mata gigi 22-30-40T… beralih ke bagian belakang, sprocket yang digunakan yaitu dari Shimano seri CS-HG200-9 berjumlah mata gigi 11-36T

Tidak lupa, pada bagian pengereman United Miami 4.00 juga sudah menggunakan pengereman bermutu yaitu pengereman hidrolik, dari Shimano. 

KATEGORI MIDDLE UP

Dikategori kelas middle up ini, cocok untuk SobatSS yang gamau serba tanggung dan langsung mau mencoba MTB yang lebih serius.. yaa kalau kamu tertarik dengan medan lintas kampung yang banyak tanjakan dan turunan atau mau pakai MTB yang memiliki performa cukup baik, bisa nih mempertimbangkan daftar sepeda gunung terbaik 2021 berikut :

Polygon Xtrada 6

Sepeda Gunung Terbaik 2021

Polygon Xtrada 6 dibanderol dengan harga Rp 7.500.000 kamu sudah mendapatkan MTB kelas middle up dengan spesifikasi seperti berikut :

Sepeda Gunung Terbaik 2021

Frame berbahan alloy, dengan bobot keseluruhan sepeda kurang lebih 15 kg. Kalau dilihat sekilas frame ini memang tidak berbeda dengan frame sepeda biasanya ya. Namun frame Xtrada 6 ini sudah mengadopsi sistem boost loh! apa itu boost ? singkatnya, boost adalah penggunaan hub dan freehub yang lebih panjang 6-10mm agar kedua roda menjadi lebih stabil dan kaku, terutama pada medan offroad.

Untuk bagian forknya, menggunakan fork bermutu dari suntour seri XCR dengan ketinggian travel 120mm yang sudah lockout, fork pada Xtrada 6 ini juga sudah mengadopsi sistem boost QR seperti frame-nya ya.

Di video itu kami jabarkan bagaimana cara mengukur hub sepeda, supaya tidak salah dalam memilih ukuran..

Xtrada 6 yang kita bahas ini menggunakan konfigurasi 1 x 11 speed dari Shimano Deore M5100, yang di kombinasi dengan single chainring dan 11 speed Shimano Deore pada bagian RDnya, dan terlihat di bagian RDnya, sudah menggunakan fitur Shadow+, untuk yang penasaran gimana sih cara kerja dari fitur shadow+.

Baca Juga — Cara Kerja RD Shadow+

Lebih detail lagi, kalau kita lihat disini pada bagian crank nya, sudah menggunakan crank model hollowtech II yang juga dari Shimano Deore dengan jumlah mata gigi 32T pada chainring nya, dan 11-51T pada bagian sprocketnya.

Dari segi pengereman, sepeda ini sudah menggunakan pengereman hidrolik dari Shimano ya.

Camp Slix 11

Urutan kedua untuk kategori MTB middle up ada Camp Slix 11. MTB yang dibanderol dengan harga Rp 7.999.900 yang hampir 8 juta ini, memiliki spesifikasi seperti berikut  :

Menggunakan frame berbahan alloy tapi jika dilihat lebih dekat, sambungan las nya sama sekali tidak terlihat ya! Sekilas hampir mirip seperti frame berbahan carbon. Tampilan seperti ini dinamai smooth welding design, dengan menambahkan semacam primer untuk menutupi bekas lasan, sehingga menjadikan sepeda ini terlihat lebih mewah.

Frame ini juga sudah mengadopsi teknologi boost TA ya, selain lebih panjang hub freehubnya komponen as roda juga lebih tebal dibanding dengan sistem skewer atau Quick Release.

Pada bagian forknya, disematkan fork dari ION yang sudah menggunakan sistem air suspension, dengan ketinggian travel 120mm dan sama seperti framenya, fork ini juga sudah mengadopsi  sistem boost TA.

Lanjut ke bagian groupsetnya, Camp Slix 11, memiliki arti bahwa sepeda ini menggunakan konfigurasi 1 x 11 speed dari Shimano Deore M5100, menggunakan single chainring, dan crank yang digunakan adalah Hollowtech II dari Shimano Deore berjumlah mata gigi 32T, dan 11 tumpuk sprocket berjumlah mata gigi 11-50T. dan kalau dilihat disini, pada bagian RD yang digunakan juga sudah menggunakan fitur Shadow+ ya.

Untuk pengereman, pastinya sudah menggunakan pengereman bermutu, yaitu pengereman hidrolik dari Shimano.

Baca Juga – Camp Slix 11 dan 12 Sepeda Gunung Berkualitas Harga Bersahabat.

KATEGORI SETARA KELAS PROFESSIONAL

Pada kategori setara kelas professional ini, cocok untuk SobatSS yang sudah pro menghajar medan-medan XC yang bervariasi..

Selain itu, dari segi gengsi pun, sepeda ini bisa menjadi sorotan pada saat gowes bareng komunitas nih..

Berikut kami berikan rekomendasi sepeda lipat terbaik 2021 di kelas setara kelas professional ya.

United Clovis 8.10

Diurutan yang pertama untuk kategori ini, ada United Clovis 8.10. MTB yang dibanderol dengan harga Rp 13.750.000 ini memiliki spesifikasi setara kelas professional yaitu :

Menggunakan frame berbahan alloy dengan bobot kurang lebih 13 kiloan, nah pada bagian persambungan lasnya juga tidak terlihat ya, yang artinya Clovis 8.10 juga sudah menggunakan teknologi smooth welding design.

Frame ini juga sudah mengadopsi sistem boost TA ya SobatSS. Lanjut ke bagian fork, menggunakan fork terkemuka asal Amerika Serikat, yaitu Rockshox dengan tipe Recon yang sudah menggunakan sistem air suspension, dengan ketinggian travel 120mm dan dilengkapi dengan fitur compression.

Beralih ke bagian grupset nih, untuk grupsetnya, menggunakan konfigurasi 1 x 12 speed dari Shimano Deore XT, menggunakan single chainring berjumlah mata gigi 36T, dan 12 tumpuk sprocket berjumlah mata gigi 11-50T.. lalu pada bagian RD yang digunakan yaitu Shimano Deore XT yang sudah menggunakan fitur Shadow+ ya.

Tidak lupa juga, dari segi pengereman, pastinya disematkan pengereman yang sangat baik yaitu pengereman hidrolik dari Shimano.

Patrol C092

Diurutan kedua untuk kategori setara kelas professional , ada Patrol C092. MTB ini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi yaitu Rp 18.575.000, kamu sudah mendapatkan spesifikasi setara kelas professional yaitu :

Menggunakan frame berbahan carbon yang ringan dengan bobot kurang lebih 13 kg. Dan tidak lupa juga pada bagian framenya sudah menggunakan sistem boost TA ya.

Kita beralih langsung ke bagian forknya, menggunakan fork  dari X-fushion yang sudah menggunakan sistem air suspension, dengan ketinggian travel 130mm yang sudah dilengkapi dengan fitur lockout.

Lalu beralih ke bagian groupset, menggunakan konfigurasi 1 x 12 speed dari Shimano Deore M6100, menggunakan single chainring dengan crank dari Shimano Deore, dengan jumlah mata gigi 32T dan 12 tumpuk sprocket dari Shimano Deore dengan jumlah mata gigi 11-51T. Untuk bagian RD yang digunakan juga dari Shimano Deore yang sudah menggunakan fitur Shadow+.

Untuk bagian pengeremannya pun, sudah menggunakan pengereman yang sangat baik yaitu pengereman hidrolik dari Shimano. Fitur berkualitas dengan frame terbaik membuat sepeda MTB ini masuk dalam rekomendasi sepeda gunung terbaik 2021.

Nah itu dia tadi, beberapa rekomendasi MTB dari kategori kelas pemula hingga setara kelas professional, sekali lagi, bukan berarti sepeda yang tidak kami sebutkan tidak rekomended ya, ini hanya sebagian riset kami berdasarkan spesifikasi yang dibekalinya.

Menurut kalian gimana ? apakah ada rekomendasi diluar beberapa MTB yang kami sebutkan ? coba dong, diskusi dengan kami dibawah! Supaya bisa menjadi pilihan untuk pembahasan rekomendasi MTB berikutnya.

Lengkapnya kamu bisa simak video rekomendasi sepeda lipat terbaik 2021 dibawah ini.